Irawan, Nur Ayu (2021) Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN PERTAMA.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (99kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (34kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
Abstract
Kebijakan belajar di rumah itu dikenal sebagai kebajakan belajar jarak jauh dalam jaringan (daring) atau sering disebut online learning sudah dilaksanakan pada sekolah di kota Ambon dengan beragam tanggapan atau persepsi utamanya dari siswa. Persepsi terhadap proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19, seperti yang dilakukan oleh siswa dan guru Biologi di SMK Muhammadiyah Ambon tersebut dalam proses belajar mengajar yang diterapkan sehari-hari khususnya mata pelajaran biologi adalah dengan menggunakan pembelajara daring. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 22 Februari sampai dengan 24 Maret 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ambon kelas X1 dengan sampel sebanyak 29 orang siswa dan 1 orang guru biologi. Analisis data angket diolah menggunakan skala Likert dengan menggunakan uji persentase dan analisis deskripsi menggunakan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring masa covid-19 pada siswa di SMK Muhammadiyah Ambon tetap dilaksakan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk belajar dari rumah melalui daring pada semua mata pelajaran bagi peserta didik SMK Muhammadiyah Ambon utamanya pada mata pelajaran biologi dalam kondisi pandemi ini dengan berbagai aplikasi yang memudahkan dalam belajar sehingga peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan leluasa seperti; youtube, e-mail, whatsapp dan google dan aplikasi pendukun pembelajaran lainnya. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring meliputi; 1) sebagai pengganti tatap muka secara langsung, 2) lebih efisien, 3) mencegah penularan virus dan 4) pengembangan TIK. Dan faktor penghambat pembelajaran daring diatara; 1) keterbatasan media, 2) susah signal dan biaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Abajaidun Mahulauw, M.Biotech |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 00:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 00:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2524 |
Actions (login required)
View Item |