Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri Lumaiti Simi Kampung Simi Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan

Rumbaroa, Wiwin (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri Lumaiti Simi Kampung Simi Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan pendekatakan yang dikembangkan dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan aktif, produktif dan memilki makna dalam kehidupan siswa. Tidak hanya menekankan pada pengetahuan kognitif saja tetapi juga pada afektif dan psikomotorik. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sulit memahami dan menerapkan materi yang disampaikan, terpengaruh dengan agama lain yang terlihat lebih menarik dan mudah, berkelahi dengan teman sehingga menimbulkan kesalahfahaman antar wali murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI, faktor pendukung, faktor penghambat penerapan model pembelajaran kontektual pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari guru mata pelajaran PAI dan Kepala Sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual pada materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi Yang Bertakwa di SMP Negeri Lumaiti Simi Kec. Waesama, peneliti melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran Agama yaitu Sri Melani, S.Pd masih melakukan pembelajaran diskusi atau guru lebih aktif didalam kelas daripada siswa dan motivasi siswa belum meningkat. Dan setelah menerapkan model pembelajaran kontekstual pada proses pembelajaran, motivasi siswa meningkat meskipun belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhajir Abd. Rahman, M.Ag / Dr. Maimunah, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 23:05
Last Modified: 27 Oct 2022 23:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item