Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX pada Materi Listrik Statis dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di SMP 21 Maluku Tengah

Salampessy, Rasi (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX pada Materi Listrik Statis dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di SMP 21 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Mind Mapping di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dari tanggal 17 Februari sampai tanggal 17 Maret 2022 di kelas IX. Jumah keseluruhan 59 siswa dibagi menjadi tiga kelas. Peneliti melakukan penelitian pada 1 kelas yang berjumalah 16 siswa. Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan pemberian Pre Test pada pra siklus dan Pos Test pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunkan metode Mind Mapping pada materi Listrik Statis di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Hal ni dapat ditunjukan pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I dan siklus II yang menunjukan pada siklus 1, 11 siswa (68,75%) mendapat nilai tinggi, 3 sisiwa (18,75%) yang mendapat nilai tinggi, 2 siswa (12,5%) mendapat nilai sedang dan tidak ada siswa yang mendapat niai rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa 75%. Pada siklus II 13 siswa (81,25%) mendapat nilai sangat tinggi, 3 siswa (18,75%) mendapat nilai tinggi dan tidak ada siswa yang mendapat nilai sedang, rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa adalah 87,5%. Kepada penelitian lain yang ingin melakukan penelitian yang sama, agar mengembangkan metode Mind Mapping ke dalam bentuk yang lebih kolaboratif dengan media pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Djafar Lessy, M.Si / Arman Kalean, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA Siswa, Metode Mind Mapping
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:02
Last Modified: 11 Nov 2022 02:02
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2588

Actions (login required)

View Item View Item