Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII Mts Al-Mabrur Wailey

Sagat, Amalia (2021) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII Mts Al-Mabrur Wailey. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, BAB III, BAB V.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2021 sampai dengan tanggal 22 April 2021 di MTs Al-Mabrur Wailey. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VII yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Lembar Kerja Siswa (LKS), Angket minat belajar dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Al-Mabrur Wailey, siswa aktif dalam pembelajaran, dan siswa dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, siswa berani maju di depan kelas untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan juga siswa berani dalam menyampaikan argumentasinya. Hasil angket minat belajar dari prasiklus hingga siklus II menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VII MTs Al-Mabrur Wailey mengalami peningkata. Hasil angket prasiklus untuk indikator perasaan senang yaitu 41,67%, keterlibatam 29,17%, perhatian 29,17%, ketertarikan 29,17%. Sedangkan hasil angket siklus I menunjukan indikator perasaan senaang 66,66%, ketertarikan 62,5%, perhatian 62,5%, keterlibatan 66,67% dan hasil angket siklus II menunjukan 4 indikator untuk minat belajar siswa mencapai 100%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nurlaila Wattihelluw, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teching and Learning (CTL), Minat Belar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:44
Last Modified: 15 Nov 2022 06:44
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item