Wayolu, Ibrahim (2021) Pengaruh Model Pembelajaran In STAD Pada materi Perumbuhan dan Perkembangan Terhadap Hasil Belajar Siswa VIII SMP Al-Negeri 1 Geser. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (864kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
Text
Lampiran-Lampiran.pdf Download (550kB) |
Abstract
Model pembelajaran IN STAD mengakomodasi terciptanya kemandirian siswa untuk menemukan konsep melalui interaksi dengan sesama pada proses scaffolding. Pada model gabungan tersebut, siswa yang dengan keterbatasan kemampuannya akan difasiliatsi melalui proses scaffolding, sedangkan kekurangan dalam penguatan untuk pembentukan ketrampilan sains disubtitusi melalui pendekatan inkuiri. sehingga tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran IN STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negei 1 Geser. Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran IN STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negei 1 Geser. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan instrumen angket serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini mengunakan sampling claster yaitu keseluruhan kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang siswa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan perhitungan dengan mengunakan rumus product moment terdapat pengaruh model pembelajaran IN STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan (variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel Y) di kelas VIII SMP Negeri 1 Geser adalah 0,791%. sehinga pengujian hipotesis dengan derajat bebas (Db) = 20 ternyata thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,444, berarti 0,791 > 0,444 sedangkan taraf signifikan 1% itu sama yaitu 0,561, berarti 0,791 > 0,561. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran In STAD (variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel Y) di kelas VIII SMP Negeri 1 Geser adalah 63%, dan 37% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, dan pada pengujian hipotesis H1 terima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Surati, M.Pd, M.Pd / Heni Mutmainnah, M.Biotech |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran in Stad |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 00:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 00:37 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2875 |
Actions (login required)
View Item |