Mustofa, Wahyu Khoirul (2022) Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (660kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (227kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, serta Faktor Pendukung Dan Penghambat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. adapun fokus penelitian ini ialah tentang Pengimplementasian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. Jenis penelitian ini merupakan deskritif kualitatif. Penelitian ini terbilang sejak tanggal 8 April 2022 - 8 Mei 2022. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku secara keseluruhan belum sesuai dengan KMA RI Nomor 90 Tahun 2018. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, sebagai berikut: a) Dari segi Sarana dan Prasarana belum bisa dikatakan lengkap, akan tetapi sudah cukup bagus. b) Sumber Daya Manusia yang ada masih kurang memadai. c) Dari segi proses pelayanan yang terjadi pada PTSP belum berjalan sesuai yang seharusnya, proses pelayanan masih menggunakan prosesur lama, pengguna layanan hanya mendaftar atau mengajukan keperluannya, selanjutnya penyelesaian pengurusan pengguna layanan masih dilakukan pada ruangan masing-masing bagian/bidang, hal tersebut terjadi karena belum tersedianya pegawai yang menguasai dalam bidang IT yang bisa ditempatkan pada Back Office. 2) Yang menjadi faktor pendukungnya yaitu a) Tersedianya Sarana dan Prasarana minimal, b) Masyarakat, c) para pejabat atau pimpinan, d) Stakeholder, e) kerja sama seluruh pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku. kemudian faktor penghambatnya yaitu a) kekurangan anggaran, b) sangat kurangnya Sumber Daya Manusia pada bidang pranata komputer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Elfridawati Mai Dhuhani, M.Pd. / Dinar Riaddin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Terpadu Satu Pintu |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 01:51 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 01:51 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2880 |
Actions (login required)
View Item |