Penerapan Problem Based Instruction Berbantu Media ICT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat

Tuanaya, Hapisa (2022) Penerapan Problem Based Instruction Berbantu Media ICT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematika merupakan kemampuan atau keterampilan siswa dalam menyatakan gagasan atau ide matematika berupa konsep, rumus, dan strategi penyelesaian suatu masalah serta menafsirkannya secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui efektivitas penerapan Problem Bassed Instruction berbantu media ICT terhadap kemampuan kounikasi matematika SMP, 2) Untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP antara penerapan Preoblem Based Intruction berbantu media ICT dan penerapan Problem Based Instruction berbantu alat peraga sederhana. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control graup design. Data kemampuan komunikasi matematika diperoleh dengan instrumen soal tes dan lembar observasi. Data kemampuan komuikasi matematika dianalisis secarah deskriptif dan inferensial. Hasil uji hipotesis sampel T Tes menunjukan bahwa nilai sig 0,013 ˂ 0,05 atau nilai t hitung 0,2.566 ˃ t tabel 0,198 maka hipotesis diterima atau terdapat efektivitas penerapan Problem Based Instruction berbantu media ICT terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP dan hasil analisis data deskriptif dapat dilihat nilai rata-rata kelas ekprimen 80.73 dengan nilai minimum 58 dan maximum 100, sedangankan pada kelas kontrol nilai rata-rata 72.70 dengan nilai minimum 50 dan maximum 91. Maka dapat disimpulkan. Kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan Problem Based Instruction berbantu media ICT lebih tinggi dibandingkan dengan Problem Based Instruction berbantu alat peraga sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem based instruction, media ICT, kemampuan komunikasi matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:04
Last Modified: 09 Jan 2023 02:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item