Aktifitas Eksrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VIII di MTs Al-Madinah Jalan Warasia Batu Merah Ambon

La Adu, Nurul (2022) Aktifitas Eksrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VIII di MTs Al-Madinah Jalan Warasia Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktifitas Eksrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an Dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Quran Hadist Kelas VIII Di MTs Al-Madinah jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis terhadap suatu gejala tertentu secara faktual dan akurat mengenai fenomena yang terjadi teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 1.Bahwa Pelaksanaan Aktfitas Eksrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an di MTs Al-Madinah Ambon berjalan dengan baik dan sudah efektif. Pelaksanaan aktivitas baca tulis al-Qur’an sudah efektif. dilihat pada indikator .Makharijul Huruf, Hukum Bacaanc, Menulis Huruf. Dimana adanya kegiatan eksrakurikuler di MTs Al-Madinah Ambon. Peserta didik sudah mengalami kemajuan dan dapat meningkatkan prestasi, itu disebabkan mereka selalu mengikuti pelajaran tambahn atau kegiatan eksrakurikuler yang di adakan di luar jam pelajaran seingga mereka dapat menggulagi pelajaran yang guru berikan, dan peserta didik juga bisa belajar tentang hukum bacaan dalam al-Qur;an tentang Makharijul Huruf,hukun bacaan dan cara penulusa huruf al-Qur;an 2. Faktor mendukung Adapun faktor pendukung sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTs Al-Madinah erjalan dengan baik yaitu: 1) adanya dukungan dari Guru dan dukungan dari orang tua. 2) lingkungan sekolah. 3) Adanya dukungan sarana dan prasarana.4) Memberikan (apresiasi) kepada peserta didik. Agar mereka lebih giat lagi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: La Adu, M.A / Dr. Maimunah, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:14
Last Modified: 17 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item