La Rima, Rosmina (2023) Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (847kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
Text
DOkumentasi.pdf Download (584kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Model Pembelajaran Learning Cycle merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisanisir sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Hasil belajar merupakan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dan berapakah besar pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 5E pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model learning cycle 5E pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober sampai dengan 03 November 2022 di SMP Negeri 6 Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan dengan model Learning Cycle 5E. Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel Bebas (X) : penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang dengan indikator skala likert dalam penggunaan angket dan variabel terikat (Y) : hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 6 Huamual Belakang dengan indikator hasil tes belajar yaitu soal Pilahan Ganda (PG) sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment pearson r_hitung sebesar 0,629>0,468 r_tabel pada taraf signifikan 5 % dengan kriteria pengujian sedang atau cukup berada pada interval 0,40-0,70 jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh penerapan model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan adalah 39,6 % berdasarkan hasil analisis koefesien determinasi (KD).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Surati, M.Pd / Dr. Sarty Imkari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Learning, Cycle 5E, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 01:43 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 01:43 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4119 |
Actions (login required)
View Item |