’Pengembangan E-Modul (RAMBUKU) Berbasis Kearifan Lokal Maluku Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIS Al-Madinah Ambon

Buton, Handrini (2023) ’Pengembangan E-Modul (RAMBUKU) Berbasis Kearifan Lokal Maluku Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIS Al-Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
lAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul yang layak dan praktis serta efektivitas e-modul (RAMBUKU) berbasis kearifan lokal Maluku pada pembelajaran IPA di MIS Al-Madinah Ambon. E-modul (RAMBUKU) dibuat dengan menggunakan Flipe Pdf Profesional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementasion, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 14 peserta didik ( 6 laki-laki dan 8 perempuan). Data dikumpulkan melalui angket kebutuhan, validasi modul, tes, dan angket respon. Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis angket kebutuhan, analisis validasi modul, analisis N-Gain serta analisis angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kelayakan validasi oleh ahli media, materi, dan ahli bahasa diperoleh rata-rata sebesar 96,33% dengan kategori sangat layak. Sementara kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria ‘’sangat layak’’. Dan respon peserta didik mencapai persentase sebesar 92,42% dengan kriterisa ‘’sangat layak’’. Sedangkan keefektifan e-modul diperoleh nilai rata-rata dari hasil pre-tes sebesar 32,78 dan post-tes sebesar 84,64, sehingga diperoleh N-Gain skore pada kelas IV sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa e-modul ragam budaya Maluku (RAMBUKU) sangat layak, praktis dan juga efektif digunakan di MIS AL-Madinah Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, S.Pd., M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: E-modul (RAMBUKU), Kearifan lokal Maluku, IPA
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:28
Last Modified: 14 Dec 2023 02:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item