Amirudin, La (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs NU Laala Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (716kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran kepala sekolah merupakan suatu proses atau langkah dalam mengatur, mengelola, merencanakan, dan menggerakkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs NU Laala Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs NU Laala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang didukung dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, tiga orang tenaga pendidik, satu tenaga kependidikan dan dua orang peserta didik (siswa). Jawaban wawancara tersebut diklasifikasi dan dikategorikan berdasarkan aspek dimensi masalah selanjutnya, dianalisis serta di interprestasikan secara deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni: reduksi data (seleksi data), penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dalam menunjukkan hasil yang sudah dilakukan kepala sekolah, (a). Peran kepala sekolah sebagai edukator (b). Peran kepala sekolah sebagai manajer, planning, organizing, actuating, controling (c). Peran kepala sekolah sebagai administrator (d). Peran kepala sekolah sebagai supervisor (e). Peran kepala sebagai motivator. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs NU Laala yaitu: faktor pendukung (a). Saling memiliki rasa tanggungjawab dan kekompakkan antar sesama kepala sekolah dan tenaga pendidik/kependidikan dalam meningkatkan mutu sekolah. (b). Orang tua siswa dan masyarakat juga turut berpartisipasi untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah baik kegiatan internal sekolah maupun kegiatan eksternal (c). Kepala sekolah memberikan jalan untuk tenaga pendidik dan kependidikannya untuk mengikuti program pelatihan pendidikan untuk mengembangkan kompetensinya. Faktor penghambat ialah (a). Kurangnya sarana dan prasarana (b). Kurangnya peserta didik (c). Kurangnya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Kesimpulan dari penulis bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, motivator sudah cukup baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Dewinofrita, S.Pd M.Pd. / Habiba Waliulu, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan. |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 00:51 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 00:51 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4157 |
Actions (login required)
View Item |