Marasabessy, Nurjia (2023) Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
Halaman Awal.pdf Download (506kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (261kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (105kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (154kB) |
|
Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari, manusia berinteraksi dilingkungannya karena adanya proses komunikasi. Apalagi dalam dunia pendidikan komunikasi sangatlah diperlukan untuk saling bekerjasama antara lembaga pendidikan dengan stakeholder agar tercapainya program pendidikan. Proses pendidikan pada dasarnya merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa, komunikasi yang baik tentunya akan berdampak pada hasil yang baik. Guru pendidikan agama Islam yang tidak hanya menjadikan anak pandai, cerdas dan berwawasan, melainkan harus memenuhi kemampuan dan ketrampilan yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengenali potensi dirinya. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 13 Ambon bertujuan untuk mengetahui; 1) Proses komunikasi guru dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon; 2) Proses komunikasi guru menjelaskan pelajaran dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon; 3) Upaya guru mengatasi kendala komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepalah sekolah, wakasek kurikulum dan guru bidang studi PAI. Obyek penelitian adalah komunikasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses komunikasi guru dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon, guru berusaha memberikan arahan dengan menyampaikan kalimat yang bertujuan, untuk memotivasi siswa agar memiliki semangat untuk menerima materi yang diberikan oleh guru mata pelajaran, kalimat itu dikutip dari perkataan Ali bin Abi Thalib bahwa:”Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan apa yang didengar. Dan yang didengar itu tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap.” Dari kalimat yang disampaikan terlihat guru PAI berupaya untuk selalu meningkatkan dan memberikan nasehat kepada para siswa. Siswa yang tidak memperhatikan guru, selama memberi pelajaran dan lebih memfokuskan diri kepada aktifitas masing-masing akan langsung ditegur oleh guru. 2) Proses komunikasi guru menjelaskan pelajaran dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon, saat proses pembelajaran berlangsung guru, memberikan kesempatan kepada siswa yang kurang memahami materi untuk memberikan pertayaan, akan tetapi siswa tidak merespon apa yang disampaikan oleh guru tersebut, alhasil tidak ada siswa yang memberikan pertayaan. 3) Upaya guru mengatasi kendala komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran PAI di kelas X Mia SMA Negeri 13 Ambon, guru selalu memperhatikan keadaan siswa dan memahami perubahan minat belajar siswa serta berusaha mengendalikan kelas dengan aman dan kondustif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Hj. St. Jumaeda, M.Pd.I / Saida Manilet, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru, Meningkatkan, Motivasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 00:26 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 00:26 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4177 |
Actions (login required)
View Item |