Peran Guru Taman Pendidikan Qur’an Raudatul Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Bagi Generasi Muda di Desa Hualoy Kabupaten Seram Bagian Barat

Hehanussa, Ita Nurfajrin (2023) Peran Guru Taman Pendidikan Qur’an Raudatul Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Bagi Generasi Muda di Desa Hualoy Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana peran guru TPQ Raudatul Qur'an dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’anْbagiْgenerasiْmudaْdiْDesaْHualoyْKabupatenْSeramْBagianْBarat.ْ(2)ْ Untuk mengetahui mendiskripsikan Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses peran guru TPQ Raudatul Qur'an dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’anْ bagiْ generasiْ mudaْ diْ Desaْ Hualoyْ Kabupatenْ Seramْ Bagian Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Guru, Kepala TPQ, santri TPQْ Raudatulْ Qur’anْ Desaْ Hualoy.ْ Teknikْ analisisْ datanyaْ menggunakan : Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan. peran guru dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur’anْ padaْ santri diْ TPQْ Raudatulْ Qur’anْ yaituْ 1). Guru sebagai pengajar yaitu membantu santri yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum di ketahuinya. 2). Guru sebagai pendidik yaitu dengan menjadi tokoh panutan bagi para santri. 3). Guru sebagai pembimbing yaitu guru merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu perjalanan membimbing dan mengarahkan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya serta menilai kelancarannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan santri. Faktor pendukung dalam peran guru dalam meningkatkan kualitas baca al-Qur’anْdiْTPQْ Raudatulْ Qur’an,ْ diantaranyaْ pemberianْ rewardْ pendekatanْ kepadaْ santri, pengelolaan kelas dan melakukan evaluasi. Sedangkan faktor penghambat adalah berasal dari diri santri yaitu karakter santri dan perbedan usia yang menimbulkan problem dalam belajar mengajar al-Qur’an.ْ Dariْ guruْ TPQْ yaituْ dalamْ merumuskkan materi guru harus memahami karakter dan kemampuan para santri dan mengatur waktu pembelajaran secara sistematis dan effesien santri. Dari orang tua yaitu kurangnya dorongan dari orangtua sehingga santri tidak rajin membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nur Hasanah, M. Si. / Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru TPQ, Kualitas Baca Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:26
Last Modified: 06 Jan 2025 02:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item