Angkotasan, Alma (2023) Hubungan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 3 Buru. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Guru yang secara langsung terlibat dalam proses belajar mengajar memegang peranan penting dalam menentukan prestasi belajar yang akan dicapai siswanya. Model pembelajaran dan media yang digunakan dalam pembelajaran memegang peranan penting. Model Problem Based Learning menyajikan berbagai situasi bermasalah yang autentik dan bermakna kepada siswa, yang dapat berfungsi sebagai dasar untuk investigasi dan penyelidikan. Media audio dapat menyajikan informasi, menggambarkan suatu proses dan tepat mengajarkan keterampilan, menyingkat dan mengembangkan waktu serta dapat mempengaruhi sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hubungan model Problem Based Learning berbantuan media audio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 3 Buru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bersifat deduktif, dimana untuk menjawab rumusan digunakan konsep atau teori sehingga dapat dirumuskan hipotesis. Hipotesis tersebut selanjutnya diuji melalui pengumpulan data di lapangan. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh model problem based learning berbantuan media audio memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 3 Buru. Hubungan antara model problem based learning berbantuan media audio dengan motivasi belajar sangat kuat yaitu 93.8%, signifikan dan searah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Cornelia Pary, M. Pd. / Pembimbing II : Dr. Sarty Imkari, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:06 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |