Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas III MIT Al-Anshor Ambon

Waikabu, Ningsih (2024) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas III MIT Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perhatian orang tua adalah keterlibatan atau keikutsertaan orang tua dalam pendidikan anaknya yakni perilaku orang tua yang dilakukan secara sadar untuk melakukan berbagai tindakan secara maksimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak-anaknya sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai setelah terjadinya suatu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yakni Apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas III MIT Al-Anshor Ambon. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas III MIT Al-Anshor Ambon dan sebesar besar pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini orang tua dan peserta didik MIT Al-Anshor Ambon dan sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang tua dan peserta didik yang di ambil hanya seluruh kelas III MIT Al-Anshor Ambon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas III MIT Al-Anshor Ambon. Hal ini dibuktikan melalui uji T-test menggunakan SPSS 29.0 yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka, hipotesis alternative (H1) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya perhatian orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik kelas III MIT Al-Anshor Ambon. Besar pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar biologi peserta didik kelas III MIT Al-Anshor Ambon dapat diperoleh nilai R Square sebesar 0.06. artinya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 0,6% dan 99,04% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd. I / Pembimbing II : Irwan Ledang, MA
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Peserta Didik
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:45
Last Modified: 11 Jul 2025 02:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4637

Actions (login required)

View Item View Item