Khoirunafsiah, Siti (2024) Facebook Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pelaku Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan pada Masyarakat Desa Tanah Merah Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (916kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan Facebook sebagai strategi komunikasi pemasaran pada pelaku usaha di Desa Tanah Merah, dan untuk mengetahui dampak penggunaan Facebook sebagai media komunikasi pemasaran masyarakat pelaku usaha Desa Tanah Merah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh terdiri dari data primer yaitu hasil wawancara dan dokumentasi, dan dari data sekunder yang berasal dari buku atau artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan masyarakat pelaku usaha di Desa Tanah Merah dalam menggunakan facebook sebagai media komunikasi pemasaran, yaitu dengan membuat mix konten atau konten campuran pada halaman facebook seperti mengunggah foto atau video barang yang dipromosikan dengan menambahkan keterangan atau caption, membuat video siaran langsung atau live. Serta membuat halaman bisnis facebook yakni dengan menggunakan fitur Facebook Pro. Terdapat dampak positif dan negatif yang bisa ditimbulkan dari penggunaan facebook sebagai media komunikasi pemasaran, dampak positif yaitu meningkatnya jumlah penjualan, menjangkau pembeli lebih luas, dapat menghemat waktu dan biaya promosi yang digunakan lebih sedikit, sedangkan dampak negatif dari penggunaan facebook sebagai media promosi yaitu sangat memungkinkan terjadinya penipuan yang bisa dilakukan pelaku usaha ataupun pembeli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Andi Fitriyani, M.Si/ Pembimbing II : Umi Kalsum Hehanussa, MM |
Uncontrolled Keywords: | Facebook, Strategi Komunikasi, Pemasaran, Pelaku Usaha. |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik Jurnalistik |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurnalistik Berdasarkan Subyek > Jurnalistik |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 05:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 05:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |