Sameth, Nuralisa (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
![]() |
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) adalah metode pembelajaran yang diawali dengan masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan pekerjaan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang baru yang dikembangkan oleh peserta didik secara mandiri. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental dan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistic inferensial, penelitian ini melibatkan 64 peserta didik yang masing-masing kelas terdiri dari kelas eksperiment dengan jumlah peserta didik 32 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Adapun hasil yang di peroleh dari uji normlaitas dan homogenitas pada kedua kelas tersebut dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen di peroleh nilai rata-rata yaitu 81.88 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67.90, dengan uji t di peroleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga H0 di tolak dan H1 di terima. Maka dapat di simpilkan bahwa terdapat pengaruh metode PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV di SD muhammadiyah Ambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M.Pd/ Pembimbing II : Siti Nurjanah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model PBL (Problem Based Learning) dan Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sitti Muthmainnah Raharusun |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:23 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |