Peranan Guru Bimbingan Konseling Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik MTS. Negeri Ambon

Ohoirenan, Rahmawati (2024) Peranan Guru Bimbingan Konseling Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik MTS. Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah upaya sadar untuk menyiapkan peningkatan kehidupan peserta didik yang mandiri dan berbudaya harmonis, yaitu memiliki moral dan akhlak mulia, profesi yang didasari ilmu pengetahuan, tekhnologi dan atau seni tepat guna dan memiliki kreativitas terpuji yang membawa kedamaian yang bernilai indah. Permasalahn dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru bimbingan konseling islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik MTs. Negeri Ambon dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran serta faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTs. Negeri Ambon.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data atau verifikasi data. Dengan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru BK dan siswa.Peranan guru BK dalam dalam pembentukan akhlakul kharimah peserta didik MTs. Negeri Ambon meliputi, membiasakan peserta didik dengan mendekatkan diri dengan Al-Quran, menanamkan perilaku kedisiplinan dan membangun komunikasi yang baik. Faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam mebentuk akhlak peserta didik MTs. Negeri Ambon yaitu faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah, fasilitas dan program sekolah, kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat meliputi latar belakang siswa, teman dan siswa yang sulit dinasehati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Taib Kelian, M.Fil.I/ Pembimbing II : Jumail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peranan, Guru, Bimbingan Konseling
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:00
Last Modified: 25 Jul 2025 01:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item