Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Pola Bilangan di Smp Negeri 23 Ambon

Souwakil, Mahna (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Pola Bilangan di Smp Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil opservasi awal yang dilakukan oleh penulis maka diketahui tenaga pengajar di SMP Negeri 23 Ambon cukup baik di bidang matematika. Hal tersebut karena guru matematika di SMP Negeri 23 Ambon sangat berpengalaman dalam proses pembelajaran. Dan siswa SMP Negeri 23 Ambon memiliki kemampuan matematika yang baik. Di mana dalam setiap proses pembelajaran siswa dapat menjawab soal-soal latihan yang yang di berikan guru dan mampu menjelaskan hasil dari pekerjaannya. Walaupun proses pembelajaran dianggap baik, namun masih terdapat permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 23 Ambon, di mana siswa belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Hal ini disebabkan karena guru kurang memperhatikan aspek berpikir kritis siswa dalam belajar, yang difokuskan hanya hasil belajar siswa tampa mengetahui proses berpikir kritis siswa, maka guru akan dapat melakukan berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pola bilangan siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan dari tgl 2 juni sampe 2 juli 2024 di SMP Negeri 23 Ambon pada kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari 1orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi pada mata pelajaran matematika. Indikator berpikir kritis yang ingin dicapai adalah memberikan penjelasan sederhana ( Elemntary Clarifikation ), membangun ketrampilan dasar ( Basic support ), menyimpulkan ( conclude ), membuat penjelasan lebih lanjut ( Advanced Clarification ), dan mengatur strategi dan taktik ( Strategies and Tactics ). Instrument yang digunakan soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon memiliki kemampuan berpikir kritis pada materi pola bilangan siswa yang ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal dan pertanggunjawabkan tiap langkah penyelesaian yang dilakukan dengan benar serta terpenuhi kelima indikator berpikir kritis yaitu kemampuan mengatur strategi dan taktik, membuat penjelasan lebih lanjut memberikan penjelasan sederhana dan membangun ketrampilan dasar serta kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd/ Pembimbing II : Dina Amalya Lapele, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 29 Jul 2025 05:20
Last Modified: 29 Jul 2025 05:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item