Keliangin, Sumiyati (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Soal International Mathematical Olympiad (IMO) Siswa Kelas IX SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (989kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
![]() |
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa, tidak hanya untuk mencapai tujuan umum pembelajaran matematika, tetapi juga untuk menciptakan manusia berkualitas yang mampu menciptakan dan menguasai teknologi dimasa depan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal International Mathematical Olympiad (IMO) siswa kelas IX SMP Negeri 23 Ambon dalam penelitian ini yang dianalisis adalah siswa yang memenuhi indikator berpikir kritis. Analisis kemampuan berpikir kritis penelitian ini menggunakan kriteria dari Ennis yaitu FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarify, dan Overview). Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 19 Januari 2024 – 19 Februari 2024. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Ambon. Teknik analisis data merujuk pada reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal kubus pada siswa kelas IX SMP Negeri 23 Ambon yang diwaliki oleh S1 yang telah memenuhi enam indikator FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarify, dan Overview). Memahami masalah (Focus) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus siswa mampu merumuskan masalah nyata mulai dari menuliskan informasi yang terdapat pada soal dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Membuat rencana penyelesaian (Reason) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus siswa mampu mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal dengan memberikan alasan berdasarkan bukti yang relevan dari setiap langkah yang diambil. Membuat kesimpulan (Inference) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus siswa mampu membuat kesimpulan dari soal yang diberikan. Selanjutnya Melaksanakan rencana penyelesaian (Situation) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus siswa menggunakan informasi yang ada untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Memberikan kejelasan (Clarity) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus mampu memberikan contoh terkait soal yang serupa yang pernah ditemui sebelumnya. Melihat kembali hasil penyelesaian (Overview) dimana siswa dalam menyelesaikan soal kubus siswa mampu menyimpulkan apa yang telah dikerjakan, mengevaluasi solusi dengan mengecek kembali dari awal pekerjaan hingga hasil yang sudah didapatkan, kemudian menyimpulkan dari soal yang sudah dikerjakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | International Mathematical Olympiad (IMO) IMO |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:55 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |