Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Al-Hilaal Jamilu Kabupaten Buru

Buton, Ramna (2024) Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Al-Hilaal Jamilu Kabupaten Buru. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang perpusat kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar Peserta didik di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design, dengan melibatkan 39 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas 21 orang = Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 18 orang= Kelas VB sebagai kelas kontrol. Adapun data yang diperoleh dengan menggunakan uji statsitik deskripfi dan uji-t (Independent sampel t-test) dan uji N-gain. Berdasarkan uji-t atau hipotesis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 87,90 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,56. Setelah itu dilakukan uji N-gain yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,75 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 0,59 dengan kategori sedang pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quntum Teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, S.Pd, M.Pd/ Pembimbing II : La Adu, M.A
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Quantum Teaching, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:50
Last Modified: 05 Aug 2025 01:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item