Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas V MI Muhammadiyah Liaela

Mahu, Fatri (2025) Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas V MI Muhammadiyah Liaela. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Cover.pdf

Download (947kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Muammadiayah Liaela selama proses pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran RME. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Muammadiayah Liaela yang berjumlah 26 siswa 3 kolaborator. Penelitian ini termaksud Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis & McTaggart dilaksaanakan dalam 2 siklus. Data di kumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran RME hasil belajar siswa meningkat yang ditandai dengan jumlah siswa kelas V MI Muammadiayah Liaela yang tuntas sebelum diberikan tindakan adalah sebesar 12% (3 dari 26 siswa) setelah peneliti menerapkan model pembelajaran RME, pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 65% (17 siswa dari 26 siswa) kemudian pada siklus II menigkat menjadi 92% (24 siswa dari 2 siswa). dari hasil penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muammadiayah Liaela pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Syafruddin Kaliky, M.Pd/ Pembimbing II : Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Realistic Mathematika Education (RME), Hasil Belajar Siswa, Bangun Ruang.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 06 Aug 2025 00:41
Last Modified: 06 Aug 2025 00:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item