Kaisupy, Arfah Sabrina (2024) SKRIPSI_Analisis minat beli generasi z ( study komparatif pada pasar Modern dan pasar Tradisional di Kota Ambon ). Skripsi thesis, IAIN AMBON.
|
Text
COVER.pdf Download (589kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (662kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (302kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_SURAT PENELITIAN.pdf Download (604kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Minat Beli Gen-Z pada Pasar Modern dan Pasar Tradisional di Kota Ambon dan Bagaimana pandangan bisnis islam terhadap minat beli Gen-Z di kota Ambon. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian lapangan (Field Research), yang memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadan sekarang yang dipermasalahkan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dapat menggambarkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan.Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian diolah menggunakan teknik Reduksi Data, Data Display dan Verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam minat beli Generasi Z terhadap pasar modern dan pasar tradisional. Faktor-faktor seperti kenyamanan, harga, kualitas produk, dan pengalaman belanja memainkan peran penting dalam menentukan minat beli Generasi Z di kedua jenis pasar tersebut. Pasar modern, dengan kemudahan aksesibilitas, variasi produk yang luas, dan pengalaman belanja yang dinamis, cenderung lebih menarik bagi Generasi Z. Di sisi lain, pasar tradisional masih memiliki daya tarik bagi sebagian Generasi Z, terutama dalam hal keaslian produk lokal, kebudayaan yang kuat dan interaksi sosial yang lebih dekat. Dalam perspektif bisnis Islam, keberadaan pasar modern dan pasar tradisional dapat dilihat sebagai peluang bisnis yang saling melengkapi. Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan nilai-nilai Islam seperti keadilan, kejujuran, dan keseimbangan dalam menjalankan usaha mereka, baik di pasar modern maupun tradisional. Kata Kunci : Analisis Minat Beli, Generasi Z, Bisnis Islam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Fitriah Karnudu, S.E., M.M Pembimbing II : Arizar Hamizar, S.E., M.Si |
| Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah UIN AM Sangadji Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Divisions: | Berdasarkan Subyek > Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Usemahu Abdullah |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:40 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:40 |
| URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
