Samal, Ali Waksim (2023) SKRIPSI_Penerapan metode komunikasi semut untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X-1 SMAN 27 Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
|
Text
Awal .pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (444kB) |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (483kB) |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (672kB) |
|
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (228kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refkleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-1 SMAN 27 Seram Bagian Barat sebanyak 16 peserta didik dengan jumlah laki-laki 5 orang peserta didik dan jumlah perempuan 11 orang peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik kelas X-1 SMAN 27 Seram Bagian Barat pada mata pelajaran Matematika setelah diterapkan pembelajaran yang menggunakan Metode Komunikasi Semut, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-1 SMAN 27 Seram Bagian Barat setelah diterapkan pembelajaran yang menggunakan Metode Komunikasi Semut. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) Metode Komunikasi Semut dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan keaktifan peserta didik pada penelitian siklus II yang telah mencapai kriteria tinggi dengan presentase sebesar 75% yang mencakup indikator keaktifan peserta didik berupa: antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, interaksi peserta didik dengan guru, kerja kelompok, aktivitas peserta didik dalam kelompok, dan partisipasi peserta didik dalam menyimpulkan hasil pembahasan (2) Penerapan Metode Komunikasi semut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada tahap prasiklus, peserta didik yang berada pada kategori tuntas sebesar 43,75%, dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 68,75%, kemudian pada penelitian tahap selanjutnya yaitu tahap siklus II mengalami peningkatan secara signifikan menjadi 100% dari jumlah keseluruhan 16 peserta didik dan telah mencapai ketuntasan secara individu dan juga secara klasikal. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan Metode Komunikasi Semut, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas X-1 SMAN 27 Seram Bagian Barat. Kata Kunci: Metode Komunikasi Semut, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M.Pd Pembimbing II:Dr. Abdillah, M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Usemahu Abdullah |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 00:41 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 00:58 |
| URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
