Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Diagnostik Matematika sebagai alat identifikasi kesulitan belajar siswa

Mastur, Anisa Alifyani (2025) SKRIPSI_Diagnostik Matematika sebagai alat identifikasi kesulitan belajar siswa. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (723kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (68MB)

Abstract

Tes diagnostik matematika dalam penelitian ini digunakan sebagai pendekatan utama untuk mengungkap secara menyeluruh bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa. Tes ini merupakan suatu proses evaluasi yang dirancang untuk mengidentifikasi secara spesifik kelemahan dan hambatan siswa dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kesulitan belajar matematika serta menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya pada siswa kelas VII SMP Negeri 79 Maluku Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri atas dua angket: (1) angket karakteristik kesulitan belajar matematika berdasarkan enam indikator utama—membedakan simbol aljabar, mengingat rumus, menulis bentuk aljabar, memahami simbol operasi, berpikir abstrak, dan menyelesaikan soal; serta (2) angket faktor penyebab kesulitan belajar yang mencakup faktor internal (fisiologis, emosional, intelektual) dan eksternal (sosial, pedagogik, kelas, dan keluarga). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang paling dominan dialami siswa berada pada indikator memahami simbol operasi aljabar (42%) dan mengingat rumus (40,17%). Faktor internal yang paling berpengaruh adalah intelektual (33,33%), sedangkan dari faktor eksternal, pengaruh terbesar berasal dari lingkungan keluarga (40%). Data angket diperkuat melalui wawancara mendalam yang menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan belajar karena kurang memahami materi meskipun telah dijelaskan, kurang percaya diri, kondisi fisik yang mudah lelah, serta minimnya dukungan belajar dari keluarga. Temuan ini menegaskan bahwa tes diagnostik merupakan alat penting dalam proses identifikasi kesulitan belajar matematika. Melalui pendekatan diagnostik, guru dapat memperoleh gambaran yang jelas mengenai profil kesulitan belajar siswa dan menyusun strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan adaptif terhadap kebutuhan individu siswa. Kata Kunci: diagnostik matematika, kesulitan belajar, faktor internal, faktor eksternal, SMP Negeri 79 Maluku Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Mariana, M.SI Pembimbing II: Nani Sukartini Sangkala, M.Si
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 28 Nov 2025 04:54
Last Modified: 28 Nov 2025 04:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item