Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Pembelajaran berbasis Game Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bilangan bulat kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon

Haupea, Hapsa (2025) SKRIPSI_Pembelajaran berbasis Game Wordwall untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bilangan bulat kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memfokuskan pada pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemampuan ini mencakup kapasitas peserta didik untuk memahami, merencanakan, dan menyelesaikan permasalahan matematika dengan menerapkan konsep-konsep matematis, strategi penyelesaian, serta penalaran yang tepat. Hal ini menjadi salah satu kompetensi utama yang dibangun dalam proses pembelajaran untuk mendukung keterampilan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis game Wordwall dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest, penelitian ini melibatkan 20 peserta didik sebagai sampel yang dipilih melalui teknik sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen tes (pretest dan posttest), kemudian 0,000 dianalisis dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji Wilcoxon Signed-Rank Test, dan uji N-Gain. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan (nilai sig. < 0,05), mengonfirmasi bahwa pembelajaran berbasis Wordwall mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Namun, uji N-Gain memperlihatkan nilai 0,1563 yang tergolong rendah, sehingga disimpulkan bahwa metode ini tidak efektif dalam konteks peningkatan yang optimal. Temuan ini menyoroti perlunya modifikasi desain game atau integrasi dengan strategi pembelajaran lain untuk mencapai efektivitas yang lebih tinggi. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Matematika, Game Wordwall, Bilangan Bulat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M.Pd Pembimbing Ii: Dinar Riaddin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:12
Last Modified: 09 Dec 2025 01:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4814

Actions (login required)

View Item View Item