Rumra, Jumiati (2021) SKRIPSI_Proses Abstraksi Empiris siswa MA Al-Anshor Ambon kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi statistika. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
|
Text
Sampul - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (990kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (547kB) |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (216kB) |
|
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses abstraksi empiris siswa Al-Anshor kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi statistika. Tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian berlangsung dari tanggal 22 November sampai dengan 21 Desember 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Terpadu Al-Madinah Ambon yang berjumlah 25 orang. Penjaringan subjek dilakukan dengan cara memberikan soal tes kemampuan abstraksi empiris kepada seluruh siswa untuk mengerjakan soal tes pertama, kemudian diambil beberapa orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi yang menjawab benar pada penyelesaian soal pertama. Kemudian dijaring untuk mendapatkan beberapa orang subjek dengan menyelesaikan soal tes kedua berdasarkan indikator abstrasi empiris. Dari subjek yang menjawab benar maka akan di lakukan wawancara untuk mencari subjek yang memenuhi indikator abstraksi empiris. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, tes kemampuan abstraksi empiris dan pedoman wawancara. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa proses abstraksi empiris siswa kelas X MA Al-Anshor Ambon disimpulkan bahwa siswa yang diwakili oleh siswa S1 dan S2 dalam menyelesaikan soal sudah dilakukan dengan baik dan benar. Namun dalam proses penyelesaian siswa S1 menjawab dengan benar dan memenuhi indikator abstraksi empiris, sedangkan siswa S2 menjawab benar tetapi sebelum memantapkan jawaban siswa, peneliti merefleksi jawaban siswa dan siswa menemukan kekeliruan dan membenarkan jawabanya. Kata Kunci: Proses Abstraksi Empiris, Penyelesaian Masalah Matematika, Statistika
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd Pembimbing I i: Nurlaila Sehuwaky, M.Pd |
| Subjects: | Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Usemahu Abdullah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 04:26 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 04:26 |
| URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
