Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon Melalui Pemecahan Masalah

Tanama, Asra Ayu (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon Melalui Pemecahan Masalah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam berkomunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan argumen serta penggunaan simbol matematika dalam berbagai konsep seperti penalaran matematika, penggunaan konsep, prosedur, dan fakta matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon melalui pemecahan masalah. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripif. penelitian terdiri satu tahap, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon dengan jumlah siswa 23. Dari 23 orang diwakili oleh 2 orang yang jawabannya benar dan memenuhi indikator dari kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon dalam menyelesaikan soal lingkaran dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) komponen komunikasi, yaitu siswa mampu memahami, menggunakan informasi dan rumus dalam soal untuk menyelesaikan masalah, 2) komponen matematisasi, yaitu siswa cenderung mampu menulis informasi-informasi yang diketahui dari soal dengan benar, 3) komponen representasi, yaitu siswa mampu menyajikan masalah nyata ke dalam bentuk gambar, 4) aspek penalaran dan argumen, yaitu siswa mengemukakan hasil pemikiran dalam memaparkan langkah-langkah penyelesaian dengan benar dan dilengkapi dengan alasan yang logis dalam memperoleh kesimpulan yang beralasan, dan 5) menggunakan simbol, yaitu siswa dapat menggunakan simbol matematika dan membuat simbol untuk mempermuda siswa dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd. / Rusmin Madia M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis Siswa, MTs Hasyim Asy'ari Ambon
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:17
Last Modified: 31 Oct 2022 01:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item