Analisis Disposisi Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Proses Pembelajaran dengan Menggunakan Model Discovery learning Dengan Metode Socrates

Faderubun, Moksen (2022) Analisis Disposisi Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Proses Pembelajaran dengan Menggunakan Model Discovery learning Dengan Metode Socrates. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Disposisi pemahaman konsep matematis adalah sikap perilaku seorang individu dalam memahami dan mengingat suatu konsep yang diberikan. Selain itu, siswa perlu dibiasakan untuk memahami konsep agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang berkaitan dengan konsep yang diberikan. Metode Socrates adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengungkapkan kebenaran-kebenaran universal pada individu melalui percakapan dan dialok. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengetahui isi dari pikiran atau jiwa manusi. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode Socrates dapat menciptakan pembelajaran yang menarik minat siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu siswa yang memenuhi indikator disposisi pemahaman konsep dari proses belajar mengajar dan hasil tes yang diberikan. Siswa yang diambil adalah siswa yang menunjukan pemahaman konsep selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery learning dengan metode Socrates. Instrumen penelitian yaitu soal tes, lembar wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data soal tes, catatan lapangan, lembar wawancara, dokumentasi, Indikator disposisi matematis adalah percaya diri, keingintahuan, fleksibel, bertekad kuat. Hasil penelitian ini menggunakan model Discovery learning dengan metode Socrates memunculkan paling banyak indikator percaya diri yaitu ketika guru mengajak siswa aktif dalam pembelajaran, dengan materi logika matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Indikator yang paling jarang muncul adalah indikator fleksibel karena siswa cenderung tidak saling menerima pendapat masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd. / Nurlaila Wattiheluw, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Disposisi matematis, Discovery learning, Socrate
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:39
Last Modified: 09 Nov 2022 00:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item