Keyakinan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Translasi

Putra, Arya (2022) Keyakinan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Translasi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Keyakinan epistemology adalah pemahaman pribadi, penilaian dan juga pandangan serta asumsi yang dirasakan sebagai kebenaran pada ruang lingkup berdasarkan sifat dan sumber pada suatu pengetahuan, keyakinan (belief) itu sendiri dari dua sudut pandang yang berbeda, afektif dan kognitif. Jika keyakinan diartikan dari sudut pandang kognitif, maka yang menjadi penekanan dalam studi adalah hubungan keyakinan dengan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keyakinan epistemologi siswa dalam menyelesaikan masalah translasi kelas IX SMP N 2 Kepulauan Manipa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang memiliki keyakinan epistemologi dari hasil tes, siswa yang diambil adalah siswa-siswa yang mampu memenuhi indikator keyakinan epistemologi dan dapat berkomonikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun Tempat penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa. dan waktu penelitian dilakukan dari tanggal 11 April – 11 Mei 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keyakinan epistemologi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa dalam menyelesaikan masalah translasi memenuhi indikator keyakinan epistemoogi yaitu, (1) mampu memecahkan masalah matematika dengan menyita waktu, (2) mampu menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan sederhana, prosedur langkah-demi-langkah, (3) memahami konsep penting dalam matematika, (4) word problems penting dalam matematika (pentingnya soal cerita), (5) usaha dapat meningkatkan kemampuan matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd, / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Epistemologi, Penyelesaian Masalah Translasi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:39
Last Modified: 09 Nov 2022 01:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item