Umara, Wahyudi (2022) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN PERTAMA.pdf Download (893kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Kedisiplin adalah sebuah penilaian yang memang menjadi standarisasi bagi keberhasilan tujuan pendidikan. Kedisiplin merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan, karena tanpa adanya kedisiplinan tersebut kemungkinan besar tujuan yang dicapai tidak akan dapat terwujud. Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran terhadap materi pembelajaran berupa pengetahuan, keterampilan, serta nilai dan sikap dapat dinyatakan dalam ukuran nilai yang merupakan presentase pencapaian tujuan pembelajaran berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai pelajaran, prestasi belajar siswa rendah dan tidak tercapainya ranah pendidikan (kognitif). Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah quisioner (angket), dokumentasi, pengamatan atau observasi. Angket digunakan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket tidak langsung dan bersifat tertutup yaitu jenis angket yang sudah disediakan jawabannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”Ada pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 50 siswa, yang terdiri dari VIII1 dan VIII2. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar matematika di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Besar pengaruh kedisipllinan peserta didik terhadap prestasi belajar matemattka adalah 0,125. Artinya jika skor kedisiplinan siswa bertambah 1 satuan maka presentasi siswa akan bertambah sebesar 0,125 poin variabel kedisiplinan peserta didik dapat menjelaskan variabel prestasi belajar sebesar 27,9%. Sedangkan informasi lain sebesar 72,1% variable prestasi belajar dijelakan leh varibel lain yang tda diperhatan dalam penelita ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Fahruh Juhaevah, M.Pd / Yuli Hastuti, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 23:14 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 23:14 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |