Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Numerasi Siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Siolimbona, Aliati (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Numerasi Siswa MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (719kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan siswa dalam menemukan dan menjelaskan, menerjemahkan,menafsirkan dan menyimpulkan suatu konsep matematis berdasarkan definisinya sendiri, bukan sekedar menghafal tetapi benar-benar dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep pecahan ditinjau dari kemampuan numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah mixed method, dengan menggunakan pendekatan deskrptif. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim As’ari Ambon sebanyak 38 siswa sebagai calon subjek. Dari 38 siswa yang diberikan tes pertama (tes numerasi) diambil enam orang yaitu siswa dengan kategori kemampuan numerasi rendah, sedang dan tinggi. Enam siswa tersebut diberikan tes kedua (tes pemahaman), kemudian diambil dua siswa yang memiliki jawaban benar dan memenuhi indikator pemahaman konsep sebagai subjek. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian di MTs Hasyim Asy’ari Ambon dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan numerasi yang baik juga memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Hal ini dikarenakan siswa yang termasuk kategori berkemampuan tinggi pada tes pertama (tes numerasi) juga mampu menyelesaikan soal kedua (tes pemahaman) dengan jawaban benar dan memenuhi ketujuh indikator pemahaman konsep, yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep, yaitu siswa mampu menuliskan kembali yang diketahui pada soal dalam bentuk gagasan matematika dengan bahasanya sendiri; (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat sesuai dengan konsepnya, yaitu siswa mampu mengklasifikasikan objek yang ada pada soal tersebut secara sistematis; (3) memberi contoh dan bukan contoh dari konsep, yaitu siswa mampu memberikan contoh pecahan dan bukan contoh; (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, yaitu siswa mampu melakukan repsentasi pecahan dalam berbagai bentuk reprentasi matematis; (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep, yaitu siswa mampu menentukan masalah apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu; (6) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, yaitu siswa mampu menggunakan operasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan masalah; dan (7) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, yaitu siswa mampu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkah yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd, / Fahruh Juhaevah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Kemampuan Pemahaman Konsep, Bilangan Pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:19
Last Modified: 11 Nov 2022 02:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item