Analisis Berpikir Sekunsial Konkret Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga Kelas VII SMP Negeri 23 Ambon

Ohoiledwarin, Afia (2022) Analisis Berpikir Sekunsial Konkret Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga Kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Berpikir adalah suatu proses yang dikerjakan oleh otak untuk mencari jawaban, ide ataupun suatu persoalan. Berpikir sekunsial konkret adalah gaya berpikir dimana si pemikir berpegang pada kenyataan dan proses informasi dengan cara yang teratur dan linier. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis berpikir sekunsial konkret dalam menyelesaikan soal segitiga kelas kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir sekuensial konkret peserta didik dalam menyelesaikan soal segitiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari dua siswa yang memenuhi indicator sekuensial konkret. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikatorindikator berpikir sekuensial konkret. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Hiberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi waktu dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian disimpulkan, Siswa mampu Menerapkan Gagasan dengan Cara Praktis dengan menyajikan informasi yang diketahui dari soal seperti diketahui dari soal, mampu memberikan umpan balik dengan menghasilkan informasi yang konkrit yakni informasi yang ditanyakan, mampu Menerapkan Gagasan dengan menghasilkan sesuatu yang Konkrit dari Gagasan yang Abstrak, mampu Bekerja dengan sistematis, selangkah demi selangkah dan mencermati sesuatu sampai hal yang sekecil-kecilnya serta kurang memenuhi Kemampuan Berpikir Sekuensial Konkret dalam Menginterpretasikan Sesuatu Secara Logika. Siswa kurang mampu menjelaskan kesimpulan dari soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Sekunsial Konkret
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:19
Last Modified: 25 Nov 2022 05:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item