Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Program Linear Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Sari, Nianti (2020) Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Program Linear Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Pemahaman adalah kesanggupan seseorang untuk memaknai suatu konsep setelah konsep itu diketahui, diingat dan dapat dijelaskan dengan kata-kata sendiri. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah program linear pada kelas XI IPA 1 MAN Ambon. Model pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu strategi pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah untuk mengumpulkan pengetahuan, sehingga dapat merangsang siswa untuk berfikir kritis dan belajar secara individu maupun kelompok kecil sampai menemukan solusi dari masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode penelitian Deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memusatkan pada masalah-masalah aktual yang ditemukan saat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Ambon kelas XI IPA 1 selama satu bulan dari tanggal 01 November sampai 01 Desember 2021. Dari 28 calon subjek yang terpilih 2 orang siswa yang diambil berdasarkan hasil tes yang diberikan . instrumen dalam pnenelitian ini, dianlisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu dengan think aloud. Pada penelitian ini indikator kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah menafsirkan, menjelaskan dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terlihat siswa mampu dalam menyelesaiakan soal cerita program linear dilihat dari indikator yang digunakan yaitu: menafsirkan,menjelaskan, dan menyimpulkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Nani Sukartini Sangkala, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:18
Last Modified: 07 Dec 2022 01:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item