Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTs Negeri Ambon Pada Materi Pola Bilangan

Alkatiri, Gamar (2022) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTs Negeri Ambon Pada Materi Pola Bilangan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (625kB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan seorang yang mampumerumuskan, menguraikan dan menggunakan matematika ke dalam berbagaikonteks.Termasuk bernalar secaraa matematis dan mampu menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika dalam menjelaskan serta memprediksi suatu kejadian.Penelitian ini peneliti mengambil materi pola bilangan karena literasi numerasi adalah kecakapan dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian menggunakan pendekatan kualitatif.Pada penelitian ini, peneliti berupaya menggambarkan kondisi subjek penelitian secara alamiah dan lebih menekankan makna daripada generalisasi.Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa yang di ambil dari kelas MTs Negeri Ambon.Teknik pemilihan subjek yang dilakukan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan jenis pengetahuan metakognisi.yang dimiliki setiap subjek berdasarkan hasil tes.Hasil penelitian menujukan bahwa dari 8 siswa yang mengikuti tes tersebut ada 2 siswa untuk dijadikan sebagai subjek penelitian kemudian di analisi kemampuan literasi numirasi berdasrkan indikator bahwa siswa mampu memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita pada kontes kehidupan sehari hari;siswa menunjukan bahwa beberapa siswa mampu menyelesaikan soal dengan berurutan dan siswa mampu menyelesaikan soal yang berbentuk grafik,tabel,maupun bagan;siswa mampu menganalisis informasi yang diperoleh dari soal kemudian menggunakan interprestasi analisis untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:35
Last Modified: 09 Jan 2023 00:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item