Penerapan Strategi Fire-Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah

Ailatat, Jena (2022) Penerapan Strategi Fire-Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya pada pokok bahasan system persamaan linaer dua variabel di kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Fire-Up untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan dua variabel Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Fire-Up untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan dua variabel Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Sedangkan objek yang diteliti adalah penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah dengan jumlah siswa 24 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siwa kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terjadi melalui metode-metode yang dilakukan dalam strategi pembelajaran FIRE-UP. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berada pada kategori Baik pada pra siklus terdapat 2 orang dengan presentase sebesar 8,3%, kemudian meningkat pada siklus 1 12 orang dengan presentase sebesar 50%, dan kemudian padasiklus 2 terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan jumlah siswa 20 orang dengan presentase sebesar 83,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djaffar Lessy, M.Si.,Ph.D. / Sukartini Sangkala, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Fire-Up
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 May 2023 06:43
Last Modified: 25 May 2023 06:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item