Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aljabar Siswa MTs Ittaqollah Ambon

Loilatu, Ramisa (2022) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aljabar Siswa MTs Ittaqollah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi aljabar berdasarkan langkah Gagne untuk siswa kelas VIII MTs Ittaqollah Ambon. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari 3 subyek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan cara membandingkan data dengan cara yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan lima indikator Gagne, meliputi (a) menyajikan masalah dalam bentuk yang lebih jelas; (b) menyatakan masalah dalam bentuk yang operasional; (c) menyusun hipotesis alternatif dan prosedur kerja; (d) mengetes hipotesis dan melakukan prosedur kerja untuk memperoleh hasil; serta (e) memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Hal ini ZT dengan kemampuan tinggi (S1) telah mampu memenuhi lima indikator, sedangkan IAP dengan kemampuan sedang (S2) hanya mampu memenuhi tiga indikator dan CRA dengan kemampuan rendah (S3) hanya mampu memenuhi dua indikator. Demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi operasi aljabar berdasarkan langkah Gagne siswa kelas VIII Mts Ittaqollah Ambon tahun ajaran 2021/2022 dikualifikasikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:35
Last Modified: 16 Nov 2023 01:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item View Item