Analisis Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Penyelesaian Soal Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di MTs Al-anshor Ambon

Safria, Alfandy (2022) Analisis Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Penyelesaian Soal Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di MTs Al-anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (721kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman matematis merupakan tujuan dari suatu proses pembelajaran matematika. Pemahaman matematis adalah suatu tujuan, berarti suatu kemampuan tentang pemahaman, yang mana dengan pemahaman konsep tersebut dapat dipahami siswa. Sehingga kemampuan pemahaman matematis merupakan suatu kekuatan yang harus diperhatikan dan diperlakukan secara fungsional dalam proses dan tujuan pembelajaran matematika, hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui pembelajaran dengan pemahaman. Dan mengaplikasikan pemahaman matematis siswa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Al-anshor dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-anshor Ambon yang terdiri dari 16 siswa, dari 16 siswa diambil 6 siswa yang memiliki jawaban benar dan memenuhi indikator pemahaman matematis. Kemudian diberikan soal tes kedua khususnya soal pertidaksamaan linear satu variabel disertai dengan pedoman wawancara, dari 6 siswa tersebut diambil 2 orang siswa sebagai subjek. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variabel yang diwakili oleh dua siswa di kelas VII MTs Al-anshor Ambon sebagai berikut. Kemampuan pemahaman matematis siswa telah memenuhi 4 indikator kemampuan matematis. Indikator kemampuan pemahaman matematis siswa yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: siswa dapat menjelaskan fakta dan konsep, siswa dapat menghubungkan fakta dan konsep yang berbeda, siswa mampu menggabungkan hal yang sudah diketahui sebelumnya dengan hal yang baru, dan siswa mampu mengenali prinsip pada matematika. Berdasarkan dari proses kedua siswa terdapat perbedaan antara kedua siswa tersebut yang berada pada indikator siswa mampu menjelaskan fakta dan konsep yang mana siswa SF membuat suatu permisalan menggunakan variabel x dan y sedangkan siswa NDW membuat permisalan menggunakan variabel a dan b.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd, / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:41
Last Modified: 17 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item