Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Muhammadiyah Sepa Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Tihurua, Masyhur (2023) Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Muhammadiyah Sepa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
LAMPIRAN FALIDASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURAT IZIN PENELITIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu aspek yang harus dikuasai siswa agar bisa menyelesaikan suatu masalah matematika adalah metakognisi. Metakognisi adalah pengetahuan dan kesadaran seseorang tentang proses berpikir serta kemampuannya dalam mengontrol proses berpikir tersebut. Pemecahan masalah adalah suatu proses yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan kepadanya dengan melibatkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metakognisi siswa dalam pemecahan masalah aritmatika sosial kelas VII MTs Muhammadiyah sepa ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapapun instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Hasil analisis data tes tertulis dan analisis data hasil wawancara dibandingkan atau ditriangulasi untuk mendapatkan data yang valid. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sepa yang berjumlah 22 orang. subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan, Hasil penelitian ini didapatkan yaitu 7 orang siswa yang melakukan metakognisi pada ketiga tahap yaitu perencanaan, pemamtauan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metakognisi, perenacanaan, pemantauan, evaluasi, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:40
Last Modified: 14 Dec 2023 02:40
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item View Item