Pengaruh Model Pembelajaran Projek Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Ambon

Bahri, Mersiana Syamsul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Projek Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki individu dalam menggunakan proses berpikirnya dalam menemukan ide yang baru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 4C di MIN 1 Ambon menunjukan bahwa peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, kurang memiliki keberanian bertanya, guru dalam kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 sudah menggunakan berbagai model pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran dan guru belum memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif kepada peserta didik berarti belum sesuai dengan tujuan dan karakteristik kurikulum 2013 yaitu mengembangkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi tematik kelas IV di MIN 1 Ambon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode pre-experimental design type one group pretest dan posttest design. Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas 4 C MIN 1 Ambon instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) RPP, LKPD, lembar observasi, dan pedoman wawancara, 2) instrumen pengukuran yaitu tes tulis (pre-test dan post-test) berupa soal essay sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji analisis liliefors sebagai uji normalitas dan uji analisis paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada pretest. Diketahui nilai t- hitung untuk kemampuan berpikir kreatif yaitu < 0,5 maka Ho ditolak dan Ha diterima. sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dengan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok pembahasan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Sarfa Wassahua, M.Pd / La Adu, M.A
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir kreatif
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:55
Last Modified: 21 Dec 2023 01:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item