Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Madinah Ambon

Kouwe, Rusmi (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika dapat memudahkan siswa dengan cara memahami isi, menganalisis konsep, merencanakan strategi perhitungan dan memberikan kesimpulan yang tepat pada permasalahan. Sedangkan Disposisi matematis adalah satu keterlibatan dan apresisasi untuk percaya diri dalam menyelesaikan masalah matematika, mampu memberikan alasan yang logis, sering bertanya ketika belajar, semangat dan mengeksplor ide-ide matematis, bekerja sama dalam belajar matematika, serta mengapresiasi peran matematika dalam kehidupan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Madinah Ambon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis berdasarkan disposisi matematis siswa Kelas VIII MTs Al Madinah Ambon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. subjek yang digunakan yaitu ada tiga subjek, satu subjek disposisi matematis tinggi, satu subjek disposisi matematis sedang, dan satu subjek disposisi matematis rendah. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket. Sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan soal tes dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis. Hasil tes dan wawancara untuk kemampuan berpikir kritis, kemudian dianalisis berdasarkan disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek penelitian berdasarkan disposisi matematis tinggi mampu mencapai 4 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Sementara subjek penelitian dengan disposisi matematis sedang, hanya mampu mencapai 2 dari 4 indikator, yaitu interpretasi dan analisis. Sedangkan subjek penelitian dengan disposisi matematis rendah menunjukkan dalam kemampuan berpikir kritis hanya memenuhi 1 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:42
Last Modified: 24 Dec 2024 02:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item