Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VIII Mts Nurul Ikhlas Ambon

Difinubun, Muh Faqih (2024) Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VIII Mts Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada MTs Nurul Ikhlas Ambon di temukan permasalahan di kelas VIII yaitu hasil belajar yang masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang kurang optimal dimana siswa masih banyak yang kurang antusiasi dalam mengikuti pembelajaran belum termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan kurangnya interaksi antara guru. Dalam penggunaan model pembelajaran masih belum optimal sehingga menyebabkan hasil belajar masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Problem Based Learning yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan lingkungan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah 12 siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, teknik analisis data menggunakan analisis lembar tes dan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Based Learning kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon. mencapai ketuntasan belajar klasikal tes awal 16,67%. Aktivitas guru siklus I mendapat skor 1,66 kategori kurang, dengan jumlah persentase sebesar 41,66% dan pada siklus II mendapatkan skor 4 kategori baik sekali, dengan persentase sebesar 100%. Hasil belajar Pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,16 masuk dalam kategori kurang, dengan persentase 54,16% sedangkan pada siklus II mendapat skor rata-rata 4,00 dengan kategori baik sekali, dengan persentase 100%. Hasil belajar Aktivitas siswa siklus I mencapai ketuntasan kalsikal tes siklus I 58,33% (kategori kurang), sedangkan pada siklus II mengalami meningkatan mencapai ketuntasan klasikal tes siklus II 91,67% (kategori baik sekali). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar di kelas VIII MTs Nurul Ikhlas Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Cornelia Parry, M.Pd/ Pembimbing II : Tri Santi Kurnia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL) dan Materi Pencemaran Lingkungan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:50
Last Modified: 17 Jul 2025 03:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item