Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah-Langkah Gagne Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII Mts Al-Anshor Ambon

Rahanyamtel, Rofiko (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah-Langkah Gagne Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII Mts Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di sekolah MTs Al-Anshor Ambon dari tanggal 08 Juni 2023 sampai tanggal 14 Juni 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon yang berjumlah 20 orang yang kemudian diberikan tes kedua kepada 4 orang yang memiliki nilai benar. Setelah menyelesaikan soal dari 4 orang tersebut peneliti melakukan wawancara untuk memastikan bahwa jawaban subjek ketika menjawab pertanyaan sama dengan hasil pekerjaannya. Kemudian dari 4 orang yang diwawancarai tersebut diambil 2 orang untuk dijadikan subjek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa muncul ketika disajikan masalah matematika yaitu, memenuhi 5 indikator kemampuan dalam pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon kemampuan pemecahan masalah subjek PA yang menjawab benar dan memilki struktur pemecahan masalah yang lengkap serta memenuhi 5 indikator pemecahan masalah tersebut. Ketika proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, penyelesaian jawaban, membuktikan hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan baik. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah subjek JR memiliki struktur pemecahan masalah yang lengkap, karena dari hasil akhir keduanya memiliki hasil akhir yang sama, namun hanya ada sedikit cara yang berbeda. Dan dapat memenuhi 5 indikator kemampuan pemecahan masalah. Proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dari soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti M. Pd / Pembimbing II : Syafrudin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Gagne
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:33
Last Modified: 01 Aug 2025 01:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item