Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Implementasi model pembelajaran Project Based Learning dan dampaknya terhadap pendidikan karakter dan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika

Darni, - (2025) SKRIPSI_Implementasi model pembelajaran Project Based Learning dan dampaknya terhadap pendidikan karakter dan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. Skripsi thesis, UIN A. M. Sangadji Ambon.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) serta dampaknya terhadap pendidikan karakter dan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. Pendidikan karakter yang dikaji meliputi karakter mandiri, gotong royong, dan bepikir kritis. Sedangkan pemahaman konsep mencakup indikator penerjemahan (translation), penafsiran (interpretation), dan ekstrapolasi (extrapolation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan subjek sebanyak 24 peserta didik kelas VIII (10) di MTs Negeri Ambon. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes, lembar observasi, dan instrumen penilaian. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif dan statistik inferensial, termasuk uji prasyarat, uji regresi linear sederhana, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PJBL telah dilaksanakan dengan baik sesuai tahapan pembelajaran. Pendidikan karakter peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan berdasarkan indikator yang diamati. Pemahaman konsep peserta didik juga mengalami peningkatan yang cukup baik. Efektivitas implementasi PJBL termasuk dalam kategori “cukup efektif” dengan nilai N-Gain sebesar 61,43% Kata Kunci: Project Based Learning (PJBL), Pendidikan Karakter, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd Pembimbing II: Nurlaila Sehuwaky, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 28 Nov 2025 05:51
Last Modified: 28 Nov 2025 05:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4809

Actions (login required)

View Item View Item