Misi, Yona (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Mutu Pendidikan di Lembaga PAUD Raudhatul Atfhal (RA) Iftitah Al-Ikhlas. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (531kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (979kB) |
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan Pra Sekolah yakni PAUD RA Iftitah al-Ikhlas yang menarik adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu peserta didiknya, dalam proses pelaksanaan pembelajaran kepada peserta didiknya nampak begitu serius. Terbukti dalam kurun waktu tujuh (7) tahun PAUD ini telah menampakan mutu lulusan yang cukup bagus, kepercayaan masyarakat (stake holder) juga meningkat, proses pembangunan sarana prasarana mengalami peningkatan. Luarannya menyebar dan dapat diterima di sekolah-sekolah yang terbilang dikenal seperti MI Assalam, SD Cendekia, SD 87, SD 93 dan lain-lain. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas dan apa saja upaya kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas yaitu: kepala sekolah sebagai pemimpin, sebagai pembimbing, sebagai pemotivasi dan sebagai pembina yaitu sudah terealisasi dengan baik dan lulusannya tersebar di lembaga tingkat sekolah dasar, namun dibalik itu masih perlu ditingkatkan lagi sesuai dengan aturan yang berlaku. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas antara lain: a) faktor pendukung yaitu: RPP yang terancang dengan baik, kurikulum, orang tua dan alat permainan edukasi. b) faktor penghambat yaitu: orang tua dan tidak ada keseriusan belajar. (3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pendidikan di lembaga PAUD RA Iftitah al-Ikhlas yaitu: melakukan evaluasi, memberikan penguatan materi, melakukan pendekatan dan melakukan motivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Nurhasanah, M.S.I / La Rajab, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Mutu Pendidikan |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:41 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
View Item |