Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII di SMP Negeri 49 Buru

Warhangan, Aldi (2022) Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII di SMP Negeri 49 Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII di SMPN 49 Buru. Populasi penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 49 Buru Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 50 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control designs. Instrument penelitian ini berupa lembar tes yang berbentuk soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII di SMPN 49 Buru. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada tabel paired sample test diperoleh nilai t hitung sebesar 20,448 dan signifikan sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi yang digunakan ∝ = 0,05. Karena signifikansi 0,000 < ∝ = 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning efektif terhadap hasil belajar siswa, dan berdasarkan tabel Ngain_persen diperoleh nilai rata-rata (Mean) kelas eksperimen sebesar 60,7871 atau dibulatkan menjadi 60,8% sedangkan nilai rata-rata (Mean) kelas kontrol sebesar 14,9882 atau dibulatkan menjadi 15%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan contextual teaching and learning pada kelas eksperimen efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII di SMPN 49 Buru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba, MA / Gamar Assagaf, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 10 Nov 2022 23:08
Last Modified: 10 Nov 2022 23:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item