Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon Pada Materi Himpunan

Lewataka, Erlinda (2022) Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon Pada Materi Himpunan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran yang dilakukan di PPS Ishaka Ambon adalah pembelajaran menggunakan metode konvensional masih mendominasi pembelajaran matematika, sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Siswa juga lebih sering menerima soal-soal serta materi jadi sehingga peluang siswa untuk mengembangkan dan membangun pengetahuannya sendiri kurang. Ditambah lagi adanya informasi dari lapangan, bahwa hasil belajar matematika yang diperoleh siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan, diperlukan model pembelajaran yang mampu membangun pengetahuan dan keaktifan siswa melalui kegiatan belajar kelompok. Dalam hal ini peneliti akan menerapkan model pembelajaran CORE untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di PPS Ishaka Ambon Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIIB yang terdiri dari 22 siswa . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending yang diterapkan pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan presentase nilai rata-rata 81.2% ≥ 65. Hasil penelitian juga memperlihatkan semua aspek yang terdapat dalam angket respon siswa menunjukan presentase rata-rata 70.5% dikategorikan baik. Hal ini menunjukan bahwasannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran CORE menerima respon positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Apriani Nukuhaly, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CORE, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 22 Nov 2022 00:52
Last Modified: 22 Nov 2022 00:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item