Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon

Lifumangau, Aprianti (2022) Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (548kB)

Abstract

Dunia pendidikan untuk mencapai sekolah yang bermutu tidak terlepas dengan manajemen strategi yang baik dalam mencapai mutu pada suatu lembaga pendidikan. Proses manajemen di MA Nurul Ikhlas Ambon saat ini dalam tahap perbaikan mutu dalam pengelolaan 8 standar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon (2) Apa saja faktor yang pendukung dan penghambat manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon Kec Sirimau Kota Ambon. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022 -25 April 2022 di MA Nurul Ikhlas Ambon. Dengan sumber data dalam penelitian ini adalah 3 para tenaga pendidik yaitu 1 Kepala Madrasah, 1 wakil Madrasah,dan 1 Guru Madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap dalam analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Nurul Ikhlas Ambon yaitu : (I) Implementasi manajemen strategi yaitu a) Perencanaan, kepala madrasah menyusun Rencana Kerja Madrasah (RKM), membuat peraturan tata tertib sekolah, dan mengatur jadwal jam mengajar guru serta mengarahkan para guru dalam mengikuti pelatihan /diklat b) Pengorganisasian, kepala madrasah membentuk team work tenaga pendidik dalam kewenangan dan tugas yang harus dikerjakan, baik harian, mingguan, bulanan, awal tahun, dan akhir tahun pelajaran. c) pelaksanaan, menggerakkan semua sumber daya manusia untuk dapat bekerja dengan penuh kesadaran secara bersama-sama dalam mencapai tujuan. d) pengawasan dilakukan kepala madrasah dalam proses belajar mengajar berlangsung. dapat dilihat dalam 14 kompetensi. (e) evaluasi evaluasi dilakukan secara bertahap yaitu dilakukan dari evaluasi program untuk tahun kemarin, dilihat Rencana Kerja Madrasah (RKM) agar dijadikan langkah perbaikan dari hasil evaluasi tahunan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat (a) faktor pendukung adalah keadaan sarana prasarana yang memadai, dan adanya kerja sama antar guru yang baik. (b) Faktor penghambat yaitu dana /anggaran yang masih minim dan mindset siswa yang masih belum baik untuk datang ke sekolah dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Dewinofrita, M.Pd / Habiba Waliulu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:39
Last Modified: 25 Nov 2022 05:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2724

Actions (login required)

View Item View Item