Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Besaran dan Satuan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Latuliu, Rahmi Fadila (2022) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Besaran dan Satuan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (166kB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pendidikan adalah model pembelajaran yang tidak sesuai dan kurang mendukung dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII yang diajarkan dengan model pembelajaran treffinger di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi; tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada akhir siklus tindakan, dan observasi yang digunakan untuk mengetahui kegiatan siswa belajar, mencatat gejala dan perilaku yang ditunjukan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 12 Apri – 12 Mei 2022 di kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 22 orang. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa pada materi besaran dan satuan masih rendah sebelum diterapkannya model pembelajaran Treffinger yaitu, dari 22siswa yang tuntas berjumlah 3 orang sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 19 orang. Hasil belajar IPA siswa pada materi besaran dan satuan setelah diterapkannya model pembelajaran Treffinger pada siklus I yaitu, dari 22 siswa yang tuntas berjumlah 22 orang dalam arti semua siswa tuntas dalam mengikuti tes dengan nilai rata-rata 90,27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treffinger ini berhasil meningktkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd / Arman Kalean, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Hasil Belajar, Besaran dan Satuan
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Tadris IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Berdasarkan Subyek > Tadris IPA
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 20 Dec 2022 05:10
Last Modified: 20 Dec 2022 05:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item