Deskripsi Kesalahan Konstruksi Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Konsep Soal Trigonometri Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Siswa Kelas X MA BPD Iha-Kulur

Latupeirissa, Asmaun (2022) Deskripsi Kesalahan Konstruksi Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Konsep Soal Trigonometri Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Siswa Kelas X MA BPD Iha-Kulur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Kesalahan konseptual adalah kesalahan yang dilakukan siswa ketika menafsirkan istilah, konsep, dan prinsip atau penyalahgunaan istilah, konsep dan prinsip. Sedangkan kesalahan prosedural adalah kesalahan dalam menyusun langkah-langkah yang hierarkis dan sistematis untuk menjawab suatu masalah. Istilah konstruksi berasal dari dua kata yaitu konstruksi dan konsep yang berarti konstruksi suatu konsep, sehingga istilah konstruksi berarti konstruksi suatu konsep. Merupakan kegiatan aktif untuk menciptakan pengetahuan atau konsep baru. Bangunan konsep menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Dalam proses mengonstruksi, asimilasi dan akomodasi senantiasa berlangsung selama proses belajar siswa. Bagaimana siswa mengonstruksi pengetahuan, menjadi hal penting dalam teori belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kesalahan konstruksi konsep siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan asimilasi dan akomodasi pada siswa kelas X MA BPD IHA-KULUR Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrument yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA BPD IHA-KULUR Teknik pengumpulan data yaitu soal tes, wawancara dan dokumentasi. Di ambil 2 subjek sebagai subjek penelitian berdasarkan tes, subjek BSH (S1) merupakan perwakilan yang menjawab salah dan memenuhi indikator kesalahan konstruksi sedangkan subjek JS (S2) merupakan subjek yang menjawab salah setelah di refleksi menjadi benar dan memenuhi indikator kesalahan konstruksi. Adapun tempat penelitian ini dilakukan di kelas X MA BPD IHA-KULUR. dan waktu penelitian dilakukan dari tanggal 18 Maret – 18 April 2022. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan konstruksi pada konsep siswa X MA BPD IHA-KULUR memenuhi karakteristik kesalahan konstruksi berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Indikatornya adalah siswa dapat langsung mengoreksi atau memodifikasi kesalahan desain, memahami masalah, merencanakan solusi, mengimplementasikan rencana, memeriksanya. Seperti yang ditunjukkan oleh siswa. Proses berpikir mahasiswa S1 dalam memecahkan suatu masalah secara langsung memecahkan masalah, artinya S1 melakukan proses asimilasi. Sementara proses berpikir S2 menyelesaikan masalah, S2 mengalami ketidakseimbangan. Setelah refleksi, S2 dapat mengubah proses berpikirnya, yang berarti bahwa S2 sedang melakukan proses asimilasi dan akomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Dr. Abdillah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesalahan konstruksi, Trigonometri berdasarkan asimilasi dan akomodasi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:27
Last Modified: 04 Jan 2023 00:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item